Kontak lain

Rabu, 12 Desember 2012



 

KUNCI SUKSES DALAM 22 HARI

Untuk mencapai sukses memanen broiler dalam 22 hari, diperlukan jurus-jurus atau kunci sukses, mulai dari kandang, DOC, manajemen pemeliharaan, sampai memilih anak kandang yang andal.

A. Pastikan Pasar
     Pemasaran merupakanhal yang sangat vital karena akhir dari setiap usaha peternakan diharapkan berujung pada keuntungan. Bagi peternak sendiri, peternak harus terlebih dahulu mengetahui kondisi pasar sebelum usaha dimulai.
     Untuk memastikan pasar, peternak hendaknya terlebi dahulu melakukan survey pasar. Survey pasar dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
  1. Untuk pasar lokal, peternak bisa datang ke pasar - pasar tradisional dan enghitung jumlah pedagang ayam serta kemampuan menjual ayam per hari, lalu menyelidiki dari mana mereka mendapatkan ayam.
  2. Untuk pasar luar daerah (non lokal), peternak bisa mencari informasi dari para broker di daerah setempat karena umumnya mereka akan "melepar" ayam le luar daerah selain pasar lokal.
Selain hal diatas, untuk memastikan kelancaran pemasaran dapat mengambil beberapa tindakan, antara lain sebagai berikut :
  1. Melakukan kontrak dengan pedagang pasar, pengepul, RPU (rumah potong unggas) atau restaurant.
  2. Memelihara ayam sesuai dengan daya serap pasar.
  3. Mencari customer ayam untuk berbagai ukuran. 
  4. Selalu memantau tren harg aym baik lokal mupun luar daerah.
B. Gunakan DOC unggul
Sebagai dasar dalam menilai kualitas DOC, dapat menggunakan prinsip DOC yang baik, yaitu sebagai berikut :
  •   Berat kurang lebih 37 - 40 g ( 4 - 4,5/boks ). terlalu besar atau terlalu kecil tidak baik karena   biasanya berasal dari induk yang sudah tua.
  •  Bulu bersih dan segar 
  •  Mata bersinar
  •  Gerakan lincah
  •  Dubur dan pusar kering/ bersih
  •  Tidak cacat ( jari kaki bengkok atau buta )


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar